Penyakit Flu Tulang

Penyakit flu tulang menjadi penyakit yang sebenarnya jarang terdengar. Pada dasarnya flu tulang juga disebut dengan istilah chikungunya. Penyakit ini akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada bagian persendian dan otot tubuh. Penderita selalu akan merasa sangat sakit ketika menggerakkan tubuh. selain itu biasanya penderita akan lebih senang untuk menekuk sendi-sendi untuk mengurangi rasa sakit. Penyakit ini bisa muncul tiba-tiba bahkan tanpa menunjukkan gejala awal. Pada malam hari biasanya penderita akan merasa panas pada bagian sendi yang disentuh. Setelah itu akan semakin sakit jika digerakkan. Rasa sakit yang paling sering ditemukan adalah pada bagian pergelangan tangan, panggul, lutut, bahu dan jari – jari.

Penyebab Flu Tulang

Flu tulang sebenarnya disebabkan oleh infeksi dari virus yang disebarkan oleh nyamuk aedes albopictus. Nyamuk biasanya akan menyerang saat siang hari. Penderita yang digigit oleh nyamuk ini akan memiliki virus dalam tubuhnya. Setelah itu virus akan berkembang dengan cepat sehingga tubuh akan menjadi lebih sakit. Setelah penderita mendapatkan gigitan nyamuk maka virus akan berkembang dengan cepat dan gejala flu tulang akan lebih cepat muncul.

Gejala Flu Tulang

Flu tulang bisa menyerang anak-anak dan orang dewasa. Bahkan orang tua juga bisa terkena flu tulang. Pada awalnya flu tulang akan menyebabkan munculnya bercak merah pada bagian kulit dan mulut. Setelah itu gejala menjadi lebih berkembang menjadi gejala flu yang sangat umum disertai dengan rasa sakit pada bagian sendi yang muncuk mendadak. Rasa sakit sering digambarkan dengan rasa sakit yang sangat berlebihan sehingga tulang atau sendi tidak bisa dipegang. Sebenarnya ketika tubuh mengalami kekakuan pada sendi maka saat itu tubuh sedang menciptakan antibodi untuk melawan virus. Gejala ini akan pulih setelah 2 hingga 3 minggu tergantung kondisi kesehatan. dibawah ini adalah beberapa gejala flu tulang.

  1. Tubuh mendadak demam dan terlihat seperti demam pada demam berdarah.
  2. Rasa sakit yang berlebihan pada bagian sendi-sendi tubuh. Bahkan karena terlalu sakit maka biasanya sentuhan lembut pada tulang bisa menyebabkan rasa sakit yang besar.
  3. Tubuh menjadi lebih lelah dari biasanya meskipun tidak sedang beraktivitas.
  4. Sakit pada bagian otot tubuh yang membuat tubuh menjadi lebih lemah.
  5. Tekanan yang berat sehingga sering menyebabkan depresi atau tekanan jiwa.
  6. Penderita diabetes yang mendapatkan flu tulang biasanya mengalami gejala yang lebih parah seperti sakit pada semua bagian tubuh dan tulang yang sulit untuk digerakkan. Bahkan bisa mengalami kondisi tingginya kadar gula dalam darah.

Diagnosis Flu Tulang

Pemeriksaan flu tulang biasanya bisa dilakukan dengan pemeriksaan fisik saja. Setelah mengalami infeksi dari virus penyebab flu tulang maka demam dan rasa sakit pada persendian akan muncul selama beberapa hari. Tulang akan terasa sakit dan tidak bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Pemeriksaan darah hanya dilakukan untuk menemukan kemungkinan penyakit lain sehingga biasanya tidak dilakukan jika memang gejala sudah menunjuk pada flu tulang.

Perawatan untuk Flu Tulang

Pada dasarnya hingga saat ini belum ada obat khusus yang bisa menyembuhkan flu tulang. Berbagai jenis obat yang diberikan untuk mengatasi demam dan rasa sakit yang berlebihan. Flu tulang bisa sembuh sendiri setelah virus mati dalam tubuh, kurang lebih selama 2 hingga 3 minggu. Tapi jika gejala dibiarkan dan tidak diatasi dengan obat penguat maka bisa menyebabkan kelumpuhan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat flu tulang.

  1. Minum air putih sesuai kebutuhan tubuh, disarankan 3 liter setiap hari. Air putih akan membuat tubuh menjadi lebih kuat dan sistem metabolisme tidak terganggu. Air putih juga membantu tubuh dalam melawan infeksi virus penyebab flu tulang.
  2. Minum obat yang disarankan oleh dokter, biasanya terdiri dari jenis obat-obatan untuk mengurangi panas tubuh, mengatasi rasa sakit dan obat untuk meredakan nyeri berlebihan.
  3. Istirahat yang cukup akan membantu tubuh agar bisa melawan infeksi virus.
  4. Hindari konsumsi makanan cepat saji, saat mendapatkan flu tulang maka kebutuhan untuk mineral, protein dan nutrisi lain sangat dibutuhkan.
  5. Hindari minuman dingin dan sebaiknya selalu minum air hangat saat menjalani perawatan.

Cara Mencegah Flu Tulang

Hingga saat ini memang belum ditemukan obat atau vaksin khusus yang bisa mencegah flu tulang. Kondisi untuk mencegah flu tulang hanya bisa dilakukan agar tidak terkena gigitan nyamuk penyebab flu tulang. Berikut ini beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah flu tulang.

  1. Memakai pakaian yang panjang atau melindungi tubuh agar tidak terkena gigitan selama berada di daerah yang banyak mengandung nyamuk penyebab flu tulang.
  2. Memakai kelambu untuk tempat tidur agar terlindungi dari nyamuk.
  3. Membersihkan lingkungan yang banyak mengandung tempat genangan air seperti pot, bejana atau kolam air.
  4. Menggunakan obat nyamuk untuk kulit agar tidak terkena gigitan nyamuk.
  5. Jika Anda sudah terkena flu tulang maka lindungi tubuh agar tidak terkena gigitan nyamuk, sebab nyamuk yang menggigit akan menyebarkan virus yang sama ke orang lain.
  6. Hindari konsumsi rokok dan alkohol jika sudah terkena flu tulang untuk mencegah agar tubuh tidak terlalu drop. Selain itu rokok dan alkohol hanya memperburuk kondisi tulang.

Pemulihan untuk Flu Tulang

Penderita flu tulang memang akan merasakan rasa sakit yang parah. Bahkan pada tahap yang lebih lanjut maka biasanya penderita tidak akan bisa bangun dari tempat tidur karena rasa sakit pada tulang. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memulihkan kondisi tubuh ketika terkena flu tulang.

  1. Ramuan daun pepaya. Di India pengobatan flu tulang dengan minum jus dari daun pepaya memang sudah terbukti ampuh. Rasa daun pepaya yang pahit akan diserap oleh tubuh. Jus dari daun pepaya mempercepat proses pemulihan karena bisa mengendalikan infeksi virus dengan cepat.
  2. Gunakan ramuan daun jahe yang sudah ditumbuk halus dan oleskan pada bagian sendi yang terasa nyeri. Daun jahe sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit berlebihan.
  3. Tumbuk beberapa suing bawang putih dan gunakan untuk memijat lembut pada sendi yang nyeri. Tambahkan minyak yang hangat untuk membuat tulang menjadi lebih nyaman.
  4. Minum air dari campuran madu dan air hangat. Madu sangat baik untuk melawan infeksi sehingga tubuh menjadi lebih cepat pulih.
  5. Makan beberapa suing bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa khusus yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh.
  6. Selama perawatan hindari mandi dengan air dingin. Jika memungkinkan Anda bisa mandi dengan campuran air garam yang akan membuat nyeri tulang menjadi lebih baik.

Flu tulang memang menjadi penyakit yang sangat umum dan banyak menyerang penduduk di wilayah tropis. Tapi penyakit ini memang biasanya tidak menimbulkan kematian dan efek yang paling berat dari flu tulang adalah kelumpuhan. Kondisi penyakit akan terlihat lebih berat apabila penderita juga mengalami gangguan penyakit lain yang membuat tubuh menjadi lebih lemah.

 Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *